Jika Anies Baswedan Dipenjara Maka Jokowi Juga Bisa Kena Pidana, Begini Penjelasan Refly Harun

- 18 November 2020, 21:59 WIB
Refly Harun selaku Hpakar HTN mengomentari penangkapan dan ancaman penahanan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan
Refly Harun selaku Hpakar HTN mengomentari penangkapan dan ancaman penahanan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan /Jurnal Presisi/Kolase Jurnal Presisi

POTENSIBISNIS - Refly Harun sebut apabila aturan yang diberlakukan kepada Anies Baswedan diterapkan, maka Presiden Jokowi bisa kena tindak pidana.

Hal ini berkaitan dengan ancaman hukuman satu tahun penjara yang diterapkan kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Argo Yuwono mengungkapkan beberapa orang termasuk didalamnya Anies Baswedan terancam kurungan penjara berikut denda Rp100 juta karena sudah melakukan tindakan pelanggaran.

Anies Baswedan diduga langgar protokol kesehata pada acara pernikahan Syarifah Najwa Shihab putri dari Imam Besar Rizieq Shihab, pada Sabtu 14 November 2020 kemarin.

Baca Juga: 5 Potret Outfit Keseharian Lyodra Ginting, Referensi bagi Anda yang Bingung Pilih Gaya Modis

Anies Baswedan bersama dengan beberapa pihak lainnya bisa dijerat dengan Pasal 93 Undang-undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

"Dugaan tindak pidana Pasal 93 UU Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2018 tentang Karantina Kesehatan," kata Argo Yuwono.

Dikutip PotensiBisnis.com dari kanal YouTube Refly Harun, Rabu, 18 November 2020, berikut bunyi Pasal 93:

"Setiap orang yang tidak mematuhi penyelenggaraan Kekarantinaan Kesehatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 ayat (1) dan/atau menghalang-halangi penyelenggaraan Kekarantinaan Kesehatan sehingga menyebabkan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp 100.000.000,00 (seratus juta rupiah)"

Halaman:

Editor: Rahman Agussalim

Sumber: jurnalpresisi.pikiran-rakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x