Ancaman di Depan Mata! Soal Letusan Gunung Merapi, BNPB Mulai Bagikan 100 Ribu Masker ke 4 Wilayah

- 18 November 2020, 20:59 WIB
LETUSAN Gunung Merapi terlihat dari Balerante, Kemalang, Klaten, Jawa Tengah, Sabtu, 9 November 2019.*/
LETUSAN Gunung Merapi terlihat dari Balerante, Kemalang, Klaten, Jawa Tengah, Sabtu, 9 November 2019.*/ /ANTARA FOTO

POTENSIBISNIS - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memprediksi dalam waktu dekat akan terjadi letusan gunung merapi, pihaknya telah memberikan dukungan penanganan darurat letusan gunung merapi.

Empat wilayah ini berpotensi terdampak langsun dari letusan gunung merapi. Pihak BMKG telah menyalurkan bantuan logistik dan sumber daya.

Kepala Pusat Data Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati mengatakan, sejumlah personel diturunkan untuk memberikan pendampingan kepada badan penganggulangan bencana daerah di empat kabupaten berupa pengorganisasian pos komando.

Baca Juga: Mahluk Misterius Penunggu Puncak Gunung Berapi Ternyata Hewan Ini

"Pekan lalu, BNPB telah menyalurkan 100.000 masker di empat kabupaten yaitu, Kabupaten Sleman, Kabupaten Magelang, Kabupaten Klaten, dan Kabupaten Boyolali, dengan masing-masing 25.000 masker, BNPB juga mengirimkan lampu air garam 216 buah untuk penerangan darurat," kata Radit di Jakarta pada Senin 16 November 2020.

 Ilustrasi bumi dalam kondisi bermasker di masa pandemi Covid-19.
Ilustrasi bumi dalam kondisi bermasker di masa pandemi Covid-19. Pixabay/Alexandra Koch

Tak hanya itu, BNPB juga terus berkordinasi dengan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Balai Teknik Kesehatan Lingkungan (BTKL), BPBD, dan kelompok sukarelawan dalam kesiapsiagaan hadapi kemungkinan letusan Gunung Merapi.

"Latihan di atas meja sedang dipersiapakan dengan melibatkan pemerintah daerah, baik tingkat kabupaten maupun provinsi. Latihan akan dilakukan pada 17 November 2020 hingga 19 November 2020 di Yogyakarta," ujarnya.

Baca Juga: Online Shop di Indonesia pada Desember 2020 Kena PPN 10 Persen, Berpengaruh terhadap Harga?

Halaman:

Editor: Rahman Agussalim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x