Terungkap! Sebut-Sebut Jokowi Pernah Curigai SBY Sebagai Dalang Aksi Bela Islam

- 24 Oktober 2020, 15:12 WIB
Rizal Ramli sebut demokrasi dan penegakan hukum di Indonesia amburadul: Rizal Ramli sebut banyak birokrat yang brengsek karena lakukan korup di berbagai daerah maka UU Ciptaker hanya regulasi tidak ada stimulus.
Rizal Ramli sebut demokrasi dan penegakan hukum di Indonesia amburadul: Rizal Ramli sebut banyak birokrat yang brengsek karena lakukan korup di berbagai daerah maka UU Ciptaker hanya regulasi tidak ada stimulus. /Tangkap layar channel YouTube Karni Ilyas

POTENSI BISNIS - Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf sudah lewat satu tahun di periode ini. Banyak sudah sederet tokoh memberikan tanggapannya. Termasuk Rizal Ramli yang kali ini memberikan tanggapan.

Rizal Ramli lebih menyoroti cara pandang orang-orang di sekitar Jokowi terhadap politik Islam yang terkesan buruk. Ia menyebut, sebagian dari lingkaran presiden adalah Islamofobia.

Rizal Ramli membagikan ceritanya selama menjabat di pemerintahan dan hubungannya dengan Presiden Jokowi, termasuk ia pun membuka beberapa percakapannya dengan Jokowi. Salah satu yang cukup mengejutkan, Rizal menyebut Jokowi pernah mencurigai SBY sebagai dalang di balik rangkaian Aksi Bela Islam yang dimulai pada bulan Oktober 2016.

Baca Juga: Mendadak Jokowi Telepon Luhut untuk Menanyakan Suatu Hal, Intip Pembicaraannya!

Hal tersebut ia ungkapkan dalam video bertajuk "Karni Ilyas Club - Rizal Ramli 'Pak Jokowi Lebih Dengar Saya'" yang diunggah di kanal YouTube Karni Ilyas Club pada Jumat, 23 Oktober 2020. Sebagaimana dilansir dari laman Portal Jember dengan judl "Terbongkar! Jokowi Disebut Pernah Curigai SBY Sebagai Dalang Aksi Bela Islam, Modalnya Rp100 Miliar".

"Dari sisi politik, ini kan yang lucu, diojok-ojokin terus Islam, Pak Jokowi-nya sih mungkin gak terlalu, tapi orang di sekitarnya itu Islamofobia," ujar Rizal.

Rizal mengatakan, Meski mayoritas beragama Islam, orang-orang di sekitar Jokowi kebanyakan tidak suka dengan politik Islam. Ia pun membuka beberapa percakapan bersama presiden, salah satunya adalah pertanyaan terkait aksi 411 dan 212.

Baca Juga: Sandiaga Uno Bongkar Alasan Keluarkan Uang Rp1 T demi Terjun ke Dunia Politik

"Saya ketemu sama dia (Jokowi) sebelum 212. Pak Jokowi nanya (kepada Rizal Ramli), 'Mas Rizal, siapa di belakang 411, 212? Kayaknya, berdasarkan laporan intel ini bakal keluar tiga juta orang'," ungkap Rizal.

Halaman:

Editor: Abdul Mugni

Sumber: Portal Jember


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x