Benarkah Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW Dilarang? Simak Penjelasan Sebenarnya

- 21 Oktober 2020, 20:28 WIB
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian saat memimpin rapat virtual bersama Ketua DPRD se-Indonesia untuk sosialisasi Ominbus Law UU Cipta Kerja, Selasa 13 Oktober 2020.
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian saat memimpin rapat virtual bersama Ketua DPRD se-Indonesia untuk sosialisasi Ominbus Law UU Cipta Kerja, Selasa 13 Oktober 2020. /Dok Puspen Kemendagri.

POTENSI BISNIS - Direktur Jenderal Administrasi Kewilayahan, Kementerian Dalam Negeri, Safrizal ZA sebut Kemendagri menyayangkan soal pemberitaan yang keliru.

Hal itu, dinilai tak mencerminkan pesan yang disampaikan pada konferensi pers seusai rapat terbatas di Istana Negara pada Senin, 19 Oktober 2020, yang menjadi sumber pemberitaan tersebut.

Ia menjelaskan, bahwa Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian tidak pernah meminta meniadakan apalagi melarang peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW pada libur panjang pekan mendatang sebagaimana diberitakan oleh beberapa media belakangan ini.

Baca Juga: Mudahnya Transfer Saldo ShopeePay, Ikuti 5 Langkah Berikut Ini

"Pada konferensi pers Mendagri dengan Menko PMK dan Menteri Kesehatan, Mendagri menyampaikan imbauan agar selama libur panjang masyarakat tidak mengunjungi tempat-tempat yang mengakibatkan kerumunan, seperti tempat wisata, bukan melarang perayaan Maulid Nabi," kata Safrizal melalui keterangan tertulisnya pada Rabu 21 Oktober 2020.

Menurtnya, bahwa Mendagri menyampaikan imbauan tersebut, berkaca dari pengalaman pada hari-hari libur sebelumnya, yang menyebabkan terjadinya mobilitas masyarakat tinggi dari satu tempat ke tempat lain.

"Pergerakan ini bisa menimbulkan media penularan. Oleh karena itu ini perlu diwaspadai bersama agar liburan ini tidak menjadi media penularan," ujar Saafrizal mengutip pernyataan Mendagri, dilnasir ANTARA.

Baca Juga: Nantikan Aksi Mendiang Paul Walker dalam Film Brick Mansions, Tayang Malam ini di Bisokop Trans TV

Terkait dengan tradisi peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, kata Safrizal penelusuran terhadap rekaman video konperensi pers menunjukkan Mendagri tidak pernah mengeluarkan pernyataan larangan.

Halaman:

Editor: Pipin L Hakim

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x