Waspada! Norovirus Bisa Akibatkan Infeksi Usus, di Indonesia Sudah Ditemukan Kasusnya

- 20 Oktober 2020, 07:01 WIB
ilustrasi sakit perut saat gugup.*/
ilustrasi sakit perut saat gugup.*/ /klikdokter.com

POTENSI BISNIS - Waspadai Norovirus yang dapat akibatkan infeksi usus. Baru-baru ini sempat ramai diperbincangkan terkait Norovirus yang dapat menyerang organ pencernaan. 

Prof Dr. dr. Ari Fahrial Syam SpPD(K) MMB, FINASIM, FACP, Guru Besar FKUI-RSCM menyampaikan, virus ini dapat akibatkan terjadi infeksi usus akut. Hal demikian disampaikannya melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Senin 19 Oktober 2020. Sebagaimana dilansir dari antaranews.com.

"Virus ini sebenarnya bukan virus baru. Norovirus menjadi salah satu penyebab terjadi infeksi usus akut (gastroenteritis) di seluruh Indonesia," ujarnya.

Baca Juga: Hanya dengan 2 Cara Ini Omnibus Law UU Cipta Kerja Bisa di Batalkan, Nomor 2 Uluran Tangan Jokowi

Menurut penuturan dr. Ari, virus ini mulai bermunculan di Indonesia. Hasil laporan peneliti Indonesia dalam Jurnal of Medical Virology pada bulan Mei 2020, ditunjukan bahwa 91 sampel feses yang diperiksa terdapat 14 sampel mengandung Norovirus.

"Sampel penelitian yang dilakukan di awal tahun 2019 ini diambil dari beberapa RS di kota Jambi. Kasus yang sama juga pernah dilaporkan dari beberapa kota di Indonesia," sambungnya.

Secara umum, gejala yang timbul ketika seseorang keracunan dari makanan yang teremar, diantaranya deman, nyeri perut, diare, mual dan muntah. Ari melanjutkan pernyataannya, bahwa gejala klinis ini menjadi kejadian luar biasa di Tiongkok.

Baca Juga: Simak Saran Bill Gates Berikut ini: Tiga Latar Belakang Orang ini Akan Sukses di Masa Depan

"Gejala klinis ini juga muncul pada kejadian luar biasa Norovirus yang terjadi di Tiongkok, tepatnya di Provinsi Shanxi," lanjut Ari.***(Maria Rosari Dwi Putri/Antara)

Editor: Abdul Mugni

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x