Jawaban Mahfud MD Soal Rusuh Demo Tolak UU Cipta Kerja: Itu Bukan Dibuat-buat

- 19 Oktober 2020, 23:16 WIB
Mahfud MD, Menko Polhukam RI
Mahfud MD, Menko Polhukam RI /Instagram/ mohmahfudmd //


POTENSIBISNIS - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD buka-bukaan tentang polemik Undang-Undang (UU) Cipta Kerja (Ciptaker).

Mahfud pun membahas mengenai isu demonstrasi yang cukup memanas di beberapa kota besar.

Berdasarkan keterangannya, para intelijen pemerintah sebelumnya telah memprediksi bahwa pengesahan RUU Cipta Kerja dapat membuat kerusuhan di sejumlah tempat.

Baca Juga: Demo Mahasiswa Tolak Omnibus Law Cipta Kerja Kembali Digelar Esok Hari, BEM SI Geruduk Istana Rakyat

"Sebenarnya sebelum peristiwa itu terjadi, aksi-aksi itu terjadi, kita sudah mendapat gambaran apa yang akan terjadi dari intelijen itu. Kita dapat laporan akan terjadi ini, itu, ada pertemuan si A, si B bilang begini, ini saksinya, buktinya sehingga kita sudah tahu ini akan ada kerusuhan," kata Mahfud MD dalam artikel "UU Cipta Kerja Bisa Dibatalkan MK Asal Penuhi Syarat Ini, Mahfud MD: Benar Tidaknya Bisa Dicocokkan"  yang mengutip akun Youtube Karni Ilyas Club yang diunggah pada Minggu 18 Oktober 2020.

Baca Juga: Untuk Penolak UU Cipta Kerja, Mahfud MD: Semua Alasan Pengesahan Hanya DPR yang Dapat Menjawab   

Hal tersebut kemudian membuat pemerintah mengantisipasinya dengan melakukan beberapa hal.

"Oleh sebab itu yang harus diantisipasi kerusuhannya dan sudah diantisipasi masih terjadi juga dan itu bukan dibuat-buat seperti yang terjadi di dekat HI, dekat Sarinah ada dua kan itu yang terbakar, pos polisi terbakar dan sebagainya," tambahnya.

Dalam kesempatannya tersebut, Mahfud mengatakan bahwa unjuk rasa 'murni' dengan tidak sebenarnya dapat dibedakan dengan jelas.

Halaman:

Editor: Awang Dody Kardeli

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x