Cara Perusahaan Tower Sandiaga Cari Pinjaman Rp 10,44 Triliun di Singapura dan Rencana Pembayarannya

- 8 Oktober 2020, 09:11 WIB
Sandiaga Salahudin Uno.*
Sandiaga Salahudin Uno.* /Twitter/@sandiuno

POTENSI BISNIS - Saat ini perusahaan menara yang terafiliasi dengan perusahaan investasi milik Sandiaga Uno melalui PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG), PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) sedang mencari pinjaman ke Singapura.

Mereka berencana menerbitkan surat utang senilai US$700 juta atau sekitar Rp 10,44 triliun dengan memperhitungkan kurs tengah Bank Indonesia Rp 14.918 pada 30 September 2020.

Rencananya, nilai transaksi tersebut mencapai 189,1 persen dari nilai ekuitas perseroan Rp 5,52 triliun per 31 Desember 2019.

Notes ini akan dicatatkan di bursa Singapura yang akan jatuh tempo setelah 10 tahun sejak penerbitan dan dengan bunga 6 persen pertahun.

Sedangkan obligor akan mendapatkan pembayaran bunga enam bulan.

Dana hasil penerbitan surat utang akan digunakan oleh perseroan untuk disalurkan kepada anak usaha melalui pinjaman antar perusahaan atau penyertaan modal untuk melakukan pelunasan kewajiban utang yang jatuh tempo dan pembayaran percepatan atas utang perseroan.

“Di mana seluruh perjanjian-perjanjian utang tidak melarang adanya pembayaran dipercepat atau membiayai rencaana ekspansi usaha di masa yang akan datang dan menunjang kebutuhan pendanaan perseroan dan kelompok entitas anak secara umum,” ujar Manajemen perseroan dalam keterangan resmi di Jakarta pada Rabu, 7 Oktober 2020.

Dampak rencana transaksi ini maka perseroan akan mendapatkan tambahan likuiditas yang nantinya akan digunakan untuk pembayaran yang telah maupun akan jatuh tempo dan membiayai pertumbuhan perseroan.

Mengingat tingkat suku bunga notes yang tetap ddan pembayaran notes yang tidak perlu diangsur, diharapkan nantinya perseroan dapat lebih memaksimalkan penggunaan dana dalam meningkatkan pertumbuhan laba.

Halaman:

Editor: Awang Dody Kardeli

Sumber: Warta Ekonomi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah