Dinsos Jabar Sebut Status Kampung Siaga Bencana Digenapkan Oleh Pangandaran Jadi 104

- 28 September 2020, 17:20 WIB
Suasana di Pantai Barat Pangandaran
Suasana di Pantai Barat Pangandaran /humas.pangandarankab

POTENSI BISNIS - Dinas Sosial Jawa Barat (Dinsos Jabar) mengaktivasi dua Kampung Siaga Bencana (KSB) di Kabupaten Pangandaran pada Jumat 25 September 2020.

Kedua kampung itu, terletak di Desa Cikalong, Kecamatan, Sidamuli dan Desa Bojong, Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran, yang menggenapkan jumlah KSB di Jabar menjadi 104.

Kepala Dinsos Jabar, Dodo Suhendar mengatakan, bahwa penanganan bencana itu mulai dari pencegahan, masa darurat, rehabilitasi dan rekonstruksi yang membutuhkan Sinergi.

Baca Juga: IHSG Hari Ini Terkoreksi 0,79 Persen Turun pada Penutupan Sesi II

Dengan demikian harus sinergi antar pemerintah dan juga masyarakat. Masyarakat di sini merupakan garda terdepan, maka inisatif masyarakat itu penting dalam penanganan bencana.

Untuk diketahui, Pangandaran merupakan salah satu tempat di Provinsi Jawa Barat yang memiliki wisata alamnya luas, letak geografis yang begitu ideal dalam pengembangan sektor wisata.

Di sisi lain, menurutnya, Pangandaran termasuk wilayah yang rawan Bencana. Maka dari itu Pangandaran sebagai lokasi yang strategis untuk dibuat KSB.

Baca Juga: Viral Gunung Salak Terbelah, BNPB Sebut Fenomena Itu Akibat Intensitas Hujan Lebat Terjadi Longsor

“Pangandaran sendiri merupakan salah satu kabupaten yang memiliki kerawanan bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, longsor, kekeringan dan puting beliung. Kami berharap melalui KSB bukan hanya pemerintah yang bergerak (ketika ada bencana) tapi justru bagaimana masyarakat kita libatkan sejak dini,” kata Dodo, Senin 28 September 2020.

Halaman:

Editor: Pipin L Hakim

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x