Sikapi Banjir Sukabumi, Patwabumi UIN Bandung Gelar Aksi Kemanusiaan

- 28 September 2020, 13:29 WIB
Ketua Umum Patwabumi UIN Bandung berikan bantuan secara simbolik kepada warga yang terdampak banjir di Sukabumi/
Ketua Umum Patwabumi UIN Bandung berikan bantuan secara simbolik kepada warga yang terdampak banjir di Sukabumi/ //foto: Patwabumi


POTENSI BISNIS – Paguyuban Tali Wargi Mahasiswa Sukabumi (Patwabumi) UIN Bandung menggelar aksi kemanusiaan kepada warga yang terdampak banjir bandang di Cicurug, Kabupaten Sukabumi. Aksi kemanusiaan tersebut dilaksanakan selama 2 hari mulai sabtu-minggu, 26-27/9/2020.

Banjir bandang yang terjadi di Cicurug, Kabupaten Sukabumi tersebut mengakibatkan berbagai kerusakan mulai dari pemukiman warga hingga korban yang terbawa hanyut oleh banjir. Bencana yang menimpa warga Cicurug, Sukabumi ini mendapat banyak simpati dari banyak kalangan tak terkecuali mahasiswa, lembaga-lembaga dan berbagai komunitas.

Terkait bencana banjir tersebut, Patwabumi UIN Bandung turut bersimpati dan menggelar aksi kemanusiaan berupa penggalangan dana untuk korban yang terdampak. Mira selaku Ketua Umum (Ketum) Patwabumi UIN Bandung mengatakan apa yang dilakukan bersama rekan-rekannya merupakan bentuk kepedulian terhadap sesama.

Baca Juga: BMKG: Pergerakan Lempeng Tektonik Cukup Aktif, Potensi Gempa Hingga Menimbulkan Tsunami

“Hal ini kita lakukan sebagai bentuk rasa kemanusiaan kita terhadap sesama, terutama musibah ini menimpa saudara kita sesama daerah.” Ujar Mira melalui keterangan tertulis yang disampaikannya hari Senin, 28/9/2020 pagi.

Sebelumnya, Patwabumi UIN Bandung telah melaksanakan penggalangan dana dengan dua cara. Pertama dengan menyebarkan informasi melalui media sosial dan yang kedua dengan penggalangan dana turun langsung ke jalan, lebih tepatnya dilaksanakan di Bandung, pada hari Rabu, 23/9/2020.

Selanjutnya Mira menuturkan, berdasarkan informasi yang didapat dari posko dan penuturan warga setempat, maka dana yang terkumpul dialokasikan dalam bentuk peralatan kebersihan, peralatan dapur, susu bayi dan popok bayi. Namun selain kebutuhan logistik, warga setempat juga membutuhkan adanya bantuan tenaga untuk membenahi lokasi yang terdampak banjir.

Baca Juga: Terkait Riset ITB Sebelumnya, BMKG Sebut Potensi Tsunami Bisa Terjadi di Beberapa Wilayah Lainnya.

“Akhirnya kami memutuskan untuk stay beberapa waktu disana untuk membantu petugas dalam pembenahan tempat.” Tutur Mira.

Terakhir, Mira juga mengungkapkan bahwa adanya banjir di Cicurug, Sukabumi ini menjadi bahan perhatian dan pertimbangan mahasiswa asal Sukabumi kedepannya.

Halaman:

Editor: Abdul Mugni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x