6 Cara Membudidayakan Lele, Mudah dan Praktis untuk Anda Coba

- 24 September 2020, 09:05 WIB
Ilustrasi: budidaya lele untuk bisnis/
Ilustrasi: budidaya lele untuk bisnis/ /PIXABAY/DEZALB


POTENSI BISNIS – Budidaya lele merupakan potensi bisnis yang bisa anda coba. Lele memiliki permintaan yang tinggi di pasaran. Tak heran, sebab ikan air tawar yang satu ini sering dijadikan menu hidangan di rumah makan, ataupun kedai-kedai kuliner lainnya.

Membudidayakan atau beternak lele relatif bisa dibilang mudah. Hal ini dikarenakan mudahnya mencari ikan satu ini termasuk mencari bibitnya. Perawatannya pun terbilang mudah karena lele memiliki daya tahan cukup kuat dan juga masa panen yang cenderung cepat.

Bagi anda yang tertarik membudidayakan lele, sebaiknya anda simak penjelasan berikut ini. 6 cara membudidayakan lele, mudah dan praktis untuk dicoba.

Baca Juga: Potensi Bisnis: 4 Kiat Sukses Budidaya Ikan Nila di Kolam Terpal

1. Membuat Business Plan

Hal yang pertama harus anda lakukan adalah membuat business plan untuk bisnis budidaya lele anda, Hitunglah berapa modal yang diperlukan untuk membuat media kolam lele tersebut. Kemudian hitung juga berapa pengeluaran untuk membeli bibit beserta pakannya. Jangan lupakan juga biaya tambahan lain yang diperlukan seperti untuk air, listrik dan lain sebagainya.

2. Mempersiapkan Media Kolam Lele

Lele bisa dibudidayakan di beberapa media kolam, yakni kolam tembok, kolam tambak tanah ataupun media kolam terpal. Perhatikanlah penetapan lokasi yang akan dijadikan kolam. Carilah tempat yang strategis dan mudah untuk dipantau. Jangan lupakan penyinaran matahari dan suhu tempat tersebut.

3. Memilih Bibit Unggulan

Tak kalah pentingnya untuk anda memperhatikan bibit unggulan yang akan ditebar. Keberhasilan dan kesuksesan memanen lele nanti ditentukan dari pemilihan bibit. Pilihlah bibit yang unggul dan sehat untuk menghindari kegagalan panen.

Halaman:

Editor: Abdul Mugni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x