Gubernur Jabar : Pandemi Membawa Hikmah bagi Jabar untuk Sokong UMKM Go Digital

- 15 Agustus 2020, 11:19 WIB
Ridwan Kamil saat menjadi narasumber webinar Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) Jabar Seri ke-5 dengan tema ‘Adaptasi Kebiasaan Baru Rekonstruksi Sosial-Budaya melalui Media dan Komunikasi Publik’ dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Kamis 09 Juli 2020./
Ridwan Kamil saat menjadi narasumber webinar Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) Jabar Seri ke-5 dengan tema ‘Adaptasi Kebiasaan Baru Rekonstruksi Sosial-Budaya melalui Media dan Komunikasi Publik’ dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Kamis 09 Juli 2020./ / /DOK.HUMAS PEMPROV JABAR/pangandaran.pikiran-rakyat.com

POTENSI BISNIS - Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil menyatakan, pandemi Covid-19 yang terjadi di Jabar terut membawa hikmat ataupun kontribusi positif terhadap perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Terutama di masa pandemi Covid-19 saat ini, hampir 90 pesen aktivitas ekonomi di Jabar disokong oleh UMKM.

Oleh karena itu, masa pandemi ini menjadi momentum Jawa Barat untuk membangkitkan ekonomi lewat upaya UMKM digital, dengan memanfaatkan perdagangan elektronik atau e-commerce.

Baca Juga: Gedung DPRD Jabar Ditutup Sementara Akibat 38 Orang Terkonfirmasi Positif Covid-19

"Dari hikmah pandemi Covid-19 ini, di tahun mendatang 2021 kita akan memeratakan keadilan digital di seluruh desa-desa di wilayah Jawa Barat," kata Ridwan Kamil, saat menjadi pembicara pada webinar Strengthening The Economic Revival Through Digital Innovation Towards 'Indonesia Maju' dalam rangka 7th Anniversary Telkom University, dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jawa Barat pada Jumat 14 Agustus 2020.

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu menyampaikan, merujuk data Redseer (2020) terkait volume transaksi e-commerce di tengah pandemi pada periode Februasi-Mei 2020. Sebagaimana dilansir PotensiBisnis.com dari Pikiran-Rakyat.com "Hikmah Pandemi di Jawa Barat: UMKM Didorong Go Digital", volume penjualan naik mencapai 44 persen atau sekitar 121 juta penjualan.

Jumlah pembeli pun naik 17 persen atau 17 juta pembeli. Selain itu, jumlah penjual ikut naik hingga 15 persen atau 1,45 juta penjual.

Baca Juga: Tempat Liburan yang Memukau di Kabupaten Bandung Barat dengan Harga Terjangkau

“Oleh karena itu, kita terus mempromosikan agar UMKM di Indonesia maupun di Jawa Barat ini semuanya hijrah ke digital. Ini menjadi peluang dan momentum termasuk bagi Telkom University untuk mengedukasi go digital dalam skala penuh,” ucap Kang Emil.

Halaman:

Editor: Pipin L Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x