Puan Maharani Dukung Upaya Pemerintah Memulihkan Perekonomian Nasional Melalui UMKM

- 14 Agustus 2020, 17:12 WIB
Puan Maharani Bersama Jokowi dalam Acara Sidang Paripurna /dpr.go.id

PIKIRAN RAKYAT - Pada Jumat, 14 Agustus 2020 telah dilaksanakan Sidang kenegaraan dengan agenda Penyampaian RAPBN 2021 berikut nota keuangan termasuk mengenai program pemulihan ekonomi nasional.

Sidang tersebut dilaksanakan di Gedung Nusantara, Komplek Parlemen Senayan, Jakarta. Peserta sidang terdiri dari DPR RI dan DPD RI berikut Presiden Joko Widodo untuk menyampaikan pidato kenegaraan.

Sidang itu dibuka oleh Ketua DPR RI, Petahana Puan Maharani. Dalam pembukaanya dia menyampaikan bahwa pemulihan ekonomi ditujukan untuk menjangkau pemulihan permintaan (demand side) dan penawaran (supply side).

Demand side adalah pola pemulihan yang ditujukan pada upaya mengatasi penurunan kesejahteraan rakyat yang meluas.

Baca Juga: Mendikbud Nadiem Makarim Ternyata Memiliki Kekayaan Cukup Fantastis

Sementara supply side menurutnya yakni pemulihan sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan padat karya, seperti dikutip PotensiBisnis.com dari Pikiran-Rakyat.com.

"Pelaku usaha supaya bisa melaksanakanya dengan tepat sasaran dan tepat guna dalam menggerakkan produktivias roda perekonomian nasional.” Katanya.

Puan menujukan kepedulian terhadap umkm dengan mengatakan bahwa dukungan untuk memperkuat sektor ini harus ditingkatkan.

“Pemulihan UMKM dan sektor padat karya juga terus diperkuat, hampir 60 persen PDB (produk domestik bruto) nasional berasal dari sektor UMKM," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Rahman Agussalim

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X