Dari Aceh, Cangkang Sawit Terbang Perdana Diekspor ke Jepang

- 14 Agustus 2020, 06:05 WIB
Ilustrasi: pohon kelapa sawit yang sedang berbuah/
Ilustrasi: pohon kelapa sawit yang sedang berbuah/ /pixabay/webandi

POTENSI BISNIS - Sepintas kita mengira bahwa cangkang sawit hanyalah sampah dan tidak bisa dimanfaatkan. Ternyata bukan hanya buah sawitnya saja, cangkangnya pun dapat kita manfaatkan. 

Dari yang awalnya kira hanya sampah, ternyata cangkang sawit dapat kita olah dan manfaatkan menjadi energi terbarukan. Bahkan Negara Jepang meminta impor sawit ke negaranya untuk bahan bakar. 

Dilansir PotensiBisnis.com dari laman wartaekonomi.co.id Dalam kurun waktu terakhir, Jepang sebagai negara yang consern terhadap green energy, telah mengimpor cangkang sawit dari beberapa daerah, seperti Bangka Belitung dan Sulawesi Barat. Begitupun ekspor 7.000 ton dengan harga Rp 11 milyar, dari Karantina Pertanian Aceh wilayah kerja Pelabuhan Laut Langsa menuju Jepang. 

Baca Juga: Ditargetkan 2 Juta Pelaku UMKM di Jabar akan Dapat Bantuan Modal

Cangkang sawit yang diekspor akan dijadikan pembangkit listrik tenaga biomassa (PLTBM) sebagai kebutuhan industri yang ramah lingkungan. 

Bekerjasama dengan BUMD Pemkot Langsa, cangkang sawit milik PT SBI diekspor melalui Pelabuhan Kuala Langsa. Cangkang sawit tersebut diangkut oleh dua kapal tongkang sekaliguske MV yang sedang labuh jangkar di selat Malaka dengan proses ship to ship transfer (STS).

Cangkang sawit tersebut sudah melalui fumigasi yang teregistrasi oleh Barantan, sesuai dengan persyaratan negara tujuan ekspor. 

Baca Juga: JK dan Sederet Tokoh Muda akan Bahas Pandemi, Inovasi dan Cara Men-support Talenta Muda Indonesia

Luas lahan sawit di Aceh seluas 535.002 hektare terhitung sekitar 3.27% dari total lahan sawit nasional. Hal ini menjadikan ekspor cangkang sawit dari Aceh sangat tinggi. Pada bulan September tahun ini juga akan diadakan kembali ekspor sawit dari Aceh menuju Jepang. ***

Editor: Abdul Mugni

Sumber: Warta Ekonomi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x