Pengamat : untuk Memulihkan Ekonomi, Pelaku UMKM Jaga Aspek Likuiditas

- 8 Agustus 2020, 16:33 WIB
Pengamat Ekonomi Jabar, Putri Diesy Fitriani, SE.Sy.,ME
Pengamat Ekonomi Jabar, Putri Diesy Fitriani, SE.Sy.,ME /instagram/@putridiesy

POTENSI BISNIS - Di tengah pandemi Covid-19 kondisi ekonomi masyarakat Indonesia kini melemah. Hal itu terjadi karena pemanfaat digital marketing belum sepenuhnya digunakan para pelaku UMKM. Terlebih lagi palaku Usaha Mikro, Kecil dan Mengah ini masih banyak menjalankan usahanya secara konvensional.

Akan tetapi disisi lain para pelaku usaha skala mikro diharuskan melakukan pemulihan perekonomian. Ada berbagai langkah yang bisa dilakukan dalam kondisi saat ini untuk memulihkan kondisi ekonomi.

Pengamat Ekonomi Jawa Barat Putri Diesy Fitriani, SE.Sy., ME. mengatakan, para pelaku usaha skala mikro dapat menjaga aspek likuiditas, memaksimalkan modal kerja yang dimiliki.

Baca Juga: Simak 3 Hal Penting Membuka Kedai Bisnis Kuliner di Era New Normal

"Ketika usaha memiliki kredit, segera lakukan restrukrisasi kredit, karena akan lebih memudahkan dan tidak terlalu membebani pengusaha. Usahakan meminimalisir pembelajaan stock modal kerja, dan menyesuaikan kebutuhan pasar saat ini," kata Putri kepada wartawan memberikan keterangan melalui pesan Whatsap pada Sabtu 8 Agustus 2020.

Selain itu, pelaku usaha skala mikro harus bisa melebarkan sayap dari sisi pemasaran dengan menggunakan platform internet.

"UMKM Go digital, manfaatkan pemasaran secara online baik menggunakan website atau blog maupun sosial media hingga search engine marketing ataupun media lainnya," ujarnya.

Baca Juga: Potensi Bisnis: 5 Tips Sukses Memulai Bisnis Kuliner

Sehingga pelaku UMKM perlu mengenal bagaimana digital marketing demi meluaskan jangkauan pasar dan mendapatkan tambahan secara financial.

Halaman:

Editor: Pipin L Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x