Potensi Bisnis UMKM Pupuk Organik di Tengah Pandemi, BPPSDM Luncurkan Program Pelatihan

- 8 Agustus 2020, 05:56 WIB
Jawa Tengah, Training of Trainer (ToT) Climate Smart Agriculture (CSA) Strategic Irrigation Modernization and Urgent Rehabilitation Peoject (SIMURP),
Jawa Tengah, Training of Trainer (ToT) Climate Smart Agriculture (CSA) Strategic Irrigation Modernization and Urgent Rehabilitation Peoject (SIMURP), /surakarya


POTENSI BISNIS - Upaya mewujudkan ketahanan pangan di masa pandemi harus menjadi tanggung jawab semua pihak. Cerdas melihat peluang pasar merupakan kunci membangkitkan ekonomi di Indonesia.

Satu diantara potensi pasar yang sangat terbuka lebar adalah pasar pupuk organik. Masyarakat diharapkah mampu memanfaatkan peluang itu sebagai guna menjaga ketahanan pangan di Indonesia dan meningkatkan kesejahteraan bersama.

Dedi Nursyamsi selaku kepala badan penyuluhan dan pengembangan SDM pertanian (BPPSDMP), Jakarta, 7 Agustus 2020, Menuturkan upaya memaksimalkan pemanfaatan peluang tersebut kepada para penyulih pertanian sedang dilakukan oleh pihaknya.

Baca Juga: Digital Marketing Penting dalam Mingkatkan Perekonomian, Terutama pada Sektor UMKM

Program Training of Trainer (ToT) Climate Smart Agriculture (CSA) Strategic Irrigation Modernization and Urgent Rehabilitation Peoject (SIMURP), merupakan bentuk nyata Langkah BPPSDM untuk mengambil peluang pasar pupuk yang masih terbuka lebar.

Para penyuluh pertanian dilatih untuk membuat pupuk organik dalam pelatihan yang sudah dikonsep dengan sangat baik. Langkah awal pembekalan secara materi dan praktik diharapkan mereka mampu menjawab tantangan ketahanan pangan di indonesia.

“Kami mengajak peserta Training of Trainer (ToT) Climate Smart Agriculture (CSA) Strategic Irrigation Modernization and Urgent Rehabilitation Project (SIMURP) di Jawa Tengah agar mereka mendapatkan materi praktik pembuatan pupuk organik, Peserta terdiri dari para penyuluh pertanian” kata Dedi.

Dikutip PotensiBisnis.com dari antara, melalui pelatihan ToT CSA SIMURP yang diikuti oleh para penyuluh di Jawa Tengah ini, Ia berharap mereka mampu menyerap ilmu dan bekerjasama dengan petani untuk menerapkannya di lapangan.

Baca Juga: Menikmati Libur Akhir Pekan, Berikut 3 Destinasi Wisata yang Bisa Anda Kunjungi di Bandung Timur

Hal serupa dikatakan oleh Leli Nuryati selaku kepala kementerian puast penyuluhan Pertanian BPPSDMP, dalam pelatihan ini penyuluh diberikan pengetahuan cara membuat pupuk organik yang ramah lingkungan dan langkah implementatifnya.

Halaman:

Editor: Rahman Agussalim

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x