Whatsapp Semakin Canggih, Bisa Mendeteksi Berita Hoax

- 5 Agustus 2020, 07:18 WIB
Ilustrasi: Whatsapp
Ilustrasi: Whatsapp /pixabay/geralt

 

POTENSI BISNIS - Informasi Hoax sangat banyak ditemukan di internet. Dalam Perkembangannya bentuk informasi hoax sudah sangat meresahkan masyarakat karena mampu tersampaikan melalui aplikasi media sosial berbasis chating, tak terkecuali Whatsapp. 

Dalam Aplikasi Whatsapp kita sering menjumpai berbagai pesan dari group atau teman, terkadang pesan yang disampaikan tidak jelas. Whatsaapp menambahkan fitur baru untuk memverifikasi kebenaran sebuah pesan yang diterima. 

Search the web adalah fitur terbaru Whatsapp. Pengguna dapat mengunggah pesan yang diterima secara langsung melalui browser, untuk memastikan informasi yang didapat terindikasi hoax atau tidak. 

Baca Juga: 6 Tips Mengubah Medsos Menjadi Mesin Uang

Pada tanggal 3 agustus 2020 Whatsapp memberikan keterangan "Hari ini, Kami sedang menguji coba cara sederhana untuk memeriksa ulang pesan pesan ini dengan mengetuk tombol kaca pembesar dalam percakapan,".

Namun, fitur yang tersedia di seluruh aplikasi android, ios dan web ini masih dalam tahap uji coba. Dikutip Potensi-bisnis.com dari TechCrunch, fitur ini masih belum jelas untuk diluncurkan dalam waktu dekat untuk seluruh pengguna di dunia. Uji coba fitur ini akan dilaksanakan di negara negara tertentu seperti Brazil, Italia, Irlandia, Meksiko, Spanyol, Inggris dan Amerika Serikat.

Baca Juga: Perekonomian Indonesia Belum Tentu Pulih di Tahun 2021, Simak Penjelasan Bu Menkeu  

Meningkatnya penggunaan Whatsapp ketika pandemi Covid-19 membuat pihak Whatsapp ingin mengembangkan aplikasi ke arah yang lebih baik, terutama dalam menangani informasi hoax. 

Sejak April 2020, Whatsapp mengupgrade sistemnya dengan menambahkan batasan tambahan seberapa sering suatu pesan dibagikan di platformnya. Pesan apapun yang diteruskan lima kali atau lebih akan dibatasi untuk mencegah pengguna meneruskannya ke lebih dari satu obrolan. 

Halaman:

Editor: Rahman Agussalim

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x