Starbucks Rugi Usaha Mencapai Rp95,2 Miliar Akibat Pandemi Covid-19

- 4 Agustus 2020, 20:19 WIB
Ilustrasi: Cangkir kopi brand Starbuks/
Ilustrasi: Cangkir kopi brand Starbuks/ /pixabay/Angin_Akyurt

POTENSI BISNIS - Anak perusahaan PT Mitra Adiperkasa Tbk untuk produk sports dan leisure, mulai dari Zara hingga Starbucks ini mengalami rugi usaha mencapai Rp95,2 miliar di semester II tahun 2020.

Di mana, PT Map Aktif Adiperkasa Tbk (anak perusahaan) ini mengalami rugi bersih untuk periode berjalan mencapai Rp75.4 miliar.

Dampak pandemi Covid-19 menjadikan mayoritas gerai ritel tidak beroperasi selama kuartal ke-2, menyebabkan pendapatan bersih hanya tercatat sekitar Rp653 miliar dari normal Rp1,96 triliun pada kuartal ke-2 pada 2019.

Baca Juga: Dampak Pandemi Covid-19 Kondisi Ekonomi Nasional Melemah Kecuali Sektor Pertanian

Dilansir Potensi-Bisnis.com dari laman WartaEkonomi, margin laba kotor untuk kuartal ke-2 turuh dari 45,5 persen menjadi 30,4 persen disebabkan adanya keperluan product clearance pada saat itu.

Tidak hanya itu, termasuk arus masuk inventory baru yang lebih sedikit, dikarenakan adanya pembatan pemesanan, dan juga sebagian bampak dari negatif.

Corporate Scretary PT Map Aktif Adiperkasa Tbk Ratih D. Gianda mengatakan, jika kinerja keuangan kuartal ke-2 perusahaan terkena dampak pandemi secara signifikan di seluruh Indonesia.

Karena, kata dia, lebih dari 60 persen gerai perusahaan tutup hingg 8 Minggu untuk melindungi para pelanggan dan karyawan, juga untuk mengurangi potensi penyebaran virus Covid-19.

“Namun selama periode tersebut, kami meningkatkan inisiatif digital perusahaan sehingga pertumbuhan kinerjanya mencapai lebih dari 380 persen melalui situs online yang dikelola oleh perusahaan seperti Planet Sports, Kidz Station, dan marketplace lainnya," ujarnya pada Selasa 4 Agustus 2020.

Halaman:

Editor: Pipin L Hakim

Sumber: Warta Ekonomi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x