Menhub Budi Karya Sebut LRT Bisa Angkut 800 Ribu Penumpang per Hari

- 9 Juni 2021, 21:10 WIB
Presiden Jokowi meninjau LRT Jabodebek, Rabu 9 Juni 2021 pagi
Presiden Jokowi meninjau LRT Jabodebek, Rabu 9 Juni 2021 pagi /Setkab

POTENSI BISNIS – Pemerintah Indonesia saat ini sedang membangun trasnportasi massal yang dapat mengangkut penumpang mencapai 800 ribu orang per-hari.

Informasi tersebut disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi jika transportasi Light Rail Transit (LRT) dapat bekerja dengan headway (waktu jeda antar kereta) setiap tiga menit sekali.

Skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) pada proyek besar ini dapat menjadi sebuah model untuk berbagai kota lain.

Baca Juga: Jadwal dan Lokasi SIM Keliling Hari Kamis, 10 Juni 2021 di Bandung, Cimahi, Sumedang

“Bayangkan bahwa kerata apa dengan headway setiap tiga menit, setiap tiga menit ada kereta api dan bisa mengangkut 580 ribu orang satu hari,” ujar Budi Karya dikutip PotensiBisnis.com dari kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Rabu, 9 Juni 2021.

“Ultimatenya akan menjadi headway dua menit sehingga jarak kereta dengan kereta hanya dua menit. Dan untuk itu kita bisa mengangkut kurang lebih 800 ribu orang,” tambahnya.

Dapat terbayangkan jika proyek LRT dapat berkembang diberbagai belahan Indonesia, maka kemudahan transportasi dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat.

Angkutan massal menjadi suatu hal yang penting bagi pembangun suatu negara, sehingga diharapkan jika LRT dapat segera rampung dan bermanfaat bagi masyarakat Indonesia.

“Pak presiden mengarahkan tadi bahwa upaya-upaya dari transfortasi massal harus konsisten dilakukan,” kata Budi Karya.

Halaman:

Editor: Rahman Agussalim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x