Kemenhub Gunakan Tes Genose C19 di Pelabuhan Tanjung Perak

- 17 April 2021, 17:49 WIB
Alat Tes GeNose
Alat Tes GeNose /Dok. Swayasprakarsa.


POTENSI BISNIS - Kementerian perhubungan resmi menerapkan alat tes GeNose C19 di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya pada Sabtu 17 April 2021. Hal tersebut dilakukan sebagai syarat bepergian untuk calon penumpang kapal laut.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut, R Agus H Purnomo menyebutkan penggunaan alat tes GeNose C19 sebagai upaya mencegah dan memutuskan rantai penyebaran virus Covid-19.

"Pada kesempatan yang baik ini, izinkan saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh pihak terkait yang telah bersinergi dan berkoordinasi dalam mewujudkan penggunaan alat tes GeNose C-19 di sektor transportasi laut," kata Agus dikutip PotensiBisnis.com dari ANTARA.

Baca Juga: Tes Covid-19 yang Tidak Membatalkan Puasa Menurut Fatwa MUI Jelang Ramadhan 1442 H, GeNose Salah Satunya

Penggunaan alat tes GeNose C-19 merupakan salah satu bagian dari protokol kesehatan dalam menerapkan kebiasan baru.

Selain itu, untuk mencegah terjadinya peningkatan Covid-19 dan melakukan pembatasan pelaku perjalanan penggunaan mode transportasi laut, darat dan udara.

Adapun Penggunaan GeNose sebagaimana tercantum dalam Surat Edaran (SE) Nomor 12 Tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang dalam Negeri masa Pandemi Coronavirus Disease 20219 (Covid-19).

Baca Juga: KJRI Hongkong Fasilitasi Pemulangan 93 WNI dari Makau

Penggunaan alat tes GeNose  sebagai salah satu syarat penumpang kapal ini sudah dimulai sejak peluncuran pertama di Pelabuhan Tanjung Priok pada awal April lalu.

"Selanjutnya, direncanakan untuk dilanjutkan pada Pelabuhan utama yang lain dan tentunya diharapkan dapat diterapkan juga pada pelabuhan-pelabuhan lainnya di seluruh Indonesia,"katanya.

Dalam penggunaan GeNose di sektor transportasi laut telah melalui berbagai proses diantaranya yaitu uji coba yang dilakukan pada perjalanan penumpang transportasi laut di Pelabuhan Tanjung Priok dengan menggunakan kapal PT. Pelni mulai tanggal 1 -12 Maret lalu.

Baca Juga: Laga Tinju Ben Askren VS Jack Paul, Wow Ini Bayaran yang Diterima Kedua Petarung

Sedangkan itu, telah dilakukan studi banding terkait penggunaan alat ts GeNose C19 pada moda transportasi darat (Kereta api) di Stasiun  Gambir dan stasiun Pasar Senen.

Dengan adanya penggunaan GeNose C19 di sektor laut ini diharapkan mampu memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada masyarakat secara umum.***

Editor: Babah Pram

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x