Warga Papua Tolak Jokowi Tawarkan Pulau Biak kepada Elon Musk untuk Landasan SpaceX

- 11 Maret 2021, 10:57 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Presiden Joko Widodo (Jokowi). /Instagram/@jokowi/

POTENSI BISNIS - Warga Papua tidak terima pulau-nya ditawarkan sebagai lokasi peluncuran potensial untuk proyek SpaceX milik Elon Musk.

Mereka menilai kehadiran landasan peluncuran SpaceX di Pulau Biak akan menghancurkan ekosistem dan membuat orang-orang meninggalkan rumahnya.

Selain itu, warga Papua di Biak sangat menentang landasan peluncuran luar angkasa apalagi ditambah meningkatnya kehadiran TNI dan mengancam masa depan mereka di pulau itu.

Baca Juga: Kumpulan Ucapan Selamat Isra Miraj 11 Maret 2021 yang Bisa Dibagikan di Sosial Media

Diketahui sebelumnya, Presiden Joko Widodo menawarkan pulau Biak dengan tujuan memikat Tesla ke Indonesia dan bisa mempromosikan deposit nikel Indonesia.

Yang mana bahwa bahan bakar utama untuk kendaraan tesla adalah Nikel. Jika berhasil, operasi Tesla dan SpaceX selanjutnya dapat mempercepat ekstraksi sumber daya di Papua dan Papua Barat.

Dikutip dari laman Pikiran Rakyat, Kepala suku di pulau Biak, Manfun Sroyer mengatakan dia khawatir orang Papua akan terusir dari rumah mereka.

Baca Juga: Penutupan Ruas Jalan Kota Bandung Diperluas, Cek Lokasi dan Alasannya

"Pelabuhan antariksa ini akan merugikan tempat perburuan tradisional kami, merusak alam tempat hidup kami untuk bergantung. Tapi, jika kami protes, kami akan segera ditangkap," katanya kepada The Guardian.

Halaman:

Editor: Pipin L Hakim

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x