Gunakan 4.800 Kg Garam, Tim TMC Cegah Hujan di Jabodetabek

- 24 Februari 2021, 16:49 WIB
Ilustrasi banjir Jabodetabek.*
Ilustrasi banjir Jabodetabek.* /Instagram/@tmcpoldametro

POTENSI BISNIS - Tim Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) akan kembali menggunakan garam untuk mengurangi tingginya curah hujan di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Tim tersebut dikerahkan oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) pada Rabu, 24 Februari 2021.

Nantinya tim yang terdiri dari BBTMC BPPT dan TNI AU akan melakukan tiga kali penerbangan untuk menyemai kumparan awan menggunakan 4.800 kilogram garam.

Baca Juga: 1 Tahun Portal Jember Group: Resmikan Inkubator Kemandirian Ekonomi dan Buku Mediapreneur Meluncur

Menurut keterangan Koordinator Lapangan TMC, Dwipa W Soehoed di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Rabu 24 Februari 2021, hal tersebut dilakukan guna menghalau awan yang akan masuk.

"Kita optimalkan hari ini tiga kali penerbangan untuk menghalau awan-awan yang masuk dari barat dan barat laut pulau jawa ke wilayah Jabodetabek," kata Dwipa, dikutip Potensibisnis.com dari PMJ News.

Dwipa kembali menjelaskan, metode TMC yang dilakukan adalah menyemai garam pada awan yang berpotensi hujan lebat, maka pergerakan awan konvektif diharapkan tidak masuk wilayah Jabodetabek.

Baca Juga: Ini Kata Terakhir Omid Nazari Usai Resmi Keluar dari Persib, Kim Kurniawan: Good Luck My Bro

Fenomena siklon tropis diketahui bisa memicu gelombang tinggi perairan, hujan lebat yang disertai angin kencang dan dikhawatirkan bergerak dari utara ke selatan pulau Jawa.

Halaman:

Editor: Pipin L Hakim

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah