Waspada! Ancaman Banjir Bandang Gunung Mas Cisarua Belum Lepas, Ini Penjelasan BIG

- 25 Januari 2021, 17:30 WIB
Potret situasi kawasan Gunung Mas, Desa Tugu Selatan, Puncak, Kabupaten Bogor, yang sempat dilanda bencana banjir bandang, Selasa, 19 Januari 2021 lalu.
Potret situasi kawasan Gunung Mas, Desa Tugu Selatan, Puncak, Kabupaten Bogor, yang sempat dilanda bencana banjir bandang, Selasa, 19 Januari 2021 lalu. /Instagram.com/@bpbdkabbogor

POTENSIBISNIS - Kampung Gunung Mas di Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat belum lepas dari ancaman banjir.

Hal itu diungkapkan oleh Badan Informasi Geospasial (BIG), oleh karena itu upaya mitigasi bencana di daerah tersebut mesti diperkuat.

Koordinator Geospasial Tematik Bidang Kebencanaan BIG, Ferrari Pinem mengatakan, wilayah ini secara alaminya berada pada wilayah keluaran yang merupakan jalur buatan material dan air dari daerah hulu.

Baca Juga: 4 Fakta Song Yoo Jung Meninggal Diduga Bunuh Diri: Debutnya hingga Agensi Terakhir

"Sehingga dari sisi ekosistem di wilayah ini berpotensi kembali terjadi banjir bandang di kemudian hari," kata Ferrari Pinem melalui siara pers BIG di Jakarta, pada Senin, 25 Januari 2021.

Dikabarkan sebelumnya, banjir bandang yang melanda Kampung Gunung Mas akibat setelah hujan dengan intensitas 50-100 mm pe-hari yang mengguyur daerah tersebut, pada 19 Januari 2021.

Tim dari Pusat Pemetaan dan Integrasi Tematik BIG melakukan kaji cepat terkait banjir bandang yang terjadi di Gunung Mas.

Baca Juga: Natalius Pigai Jadi Korban Rasisme, Muannas Alaidid Tagih Janji Kapolri Soal Ini

Kampung Gunung Mas, Desa Tugu Selatan, Cisarua, Bogor tersebut berada di jalur buangan material air dari daerah hulu.

Halaman:

Editor: Pipin L Hakim

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x