Wagub Uu Ungkap Penyebab Banjir dan Longsor di Jabar, Minta Tinjau Ulang Izin Pertambangan

- 21 Januari 2021, 13:33 WIB
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum /Humas Jabar

POTENSIBISNIS - Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum akui di wilayah Jawa Barat ini banyak alih fungsi lahan.

Karena itu, di awal tahun 2021 pada Januari bencala alam, banjir dan longsor terjadi di sejumlah daerah, di antaranya banjir bandang Gunung Mas, Puncak Kabupaten Bogor, dan juga longsor di Desa Cihanjuang, Cimanggung, Kabupaten Sumedang.

Wagub Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, beberapa hutan di Jabar kini sudah berfungsi sebagai hutan produktif.

Baca Juga: Presiden AS Joe Biden: Wajibkan Masyarakat Jaga Jarak dan 100 Hari Kenakan Masker

Hal itu pun, kata dia, sesuai dengan keputusan menteri, yang diharapkan keputusan tersebut bisa ditinjau ulang.

"Sebenarnya di Jawa Barat ini memang ada beberapa titik hutan yang menjadi hutan produktif sesuai dengan keputusan menteri. Oleh karena itu saya berharap keputusan menteri tersebut bisa ditinjau ulang," kata Wagub Uu saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel hari ini, Kamis 21 Januari 2021.

Dengan begitu, maka alih fungsi lahan tersebut tak menyalahi aturan. Namun sayangnya meski legal secara hukum, kata dia alih fungsi lahan berdampak buruk bagi lingkungan, satu di antaranya menyebabkan banjir maupun tanah longsor.

Baca Juga: Ratusan KK Harapkan Bantuan, Dekan FTI UMI Sarankan Pemerintah Tembus Desa Terisolir

"Jadi harapan kami, karena kami di daerah di wilayah Jawa Barat banyak bencana karena seperti itu, jadi harap ditinjau ulang," kata Wagub Uu.

Menurutnya, saat ini hutan lindung di Jabar kian berkurang, sehingga karena itu diperlukan lebih banyak lagi hutan lindung agar bisa menjadi daerah resapan air untuk mencegah bencana alam.

Halaman:

Editor: Pipin L Hakim

Sumber: PRFM News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x