Kerajaan Arab Saudi Belum Beri Kepastian, Yaqut Bentuk Tim Penyelenggaraan Ibadah Haji 1442H 2021M

- 19 Januari 2021, 15:24 WIB
Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas
Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas /twitter.com/@YaqutCQoumas

POTENSIBISNIS - Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas sudah membentuk Tim Manajemen Krisis Penyelenggaraan Ibadah Haji 1442H/2021M, meski belum ada kepastian dari pemerintah kerajaan Arab Saudi.

Itu disampaikannya saat rapat kerja bersama Komisi VIII DPR RI di kompleks Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa 19 Januari 2021.

Yaqut menyampaikan, dirinya tidak bisa memberikan kepastian terkait penyelenggaraan ibadah haji.

Baca Juga: Hindari Penjarahan Pasca Gempa Bumi, Polisi Jaga Ketat Toko Retail di Wilayah Mamuju

"Tentang kepastian penyelenggaraan ibadah haji, kepastian ada tidaknya penyelenggaraan ibadah haji pada tahun 1442 Hijriah atau 2021 Masehi sepenuhnya kewenangan pemerintah Arab Saudi," kata Yaqut.

Meski begitu, Yaqut mengatakan Kementerian Agama tetap akan melakukan persiapan-persiapan menjelang ibadah haji pada tahun ini yang bila terlaksana diperkirakan akan ada pada tanggal 4 Dzulqa’dah atau 15 Juni 2021.

“Waktu yang tersisa untuk persiapan penyelenggaraan ibadah haji tahun 1442H/2021M hanya berkisar 5 (lima) bulan. Mengingat ruang lingkup pelayanan penyelenggaraan ibadah haji yang begitu luas, maka waktu yang tersisa sangat terbatas, sehingga berbagai persiapan harus segera dilakukan,” kata Yakut.

Baca Juga: DPR RI Soroti Adanya Ketimpangan Angaran Pendidikan antara Kemendikbud dan Kemenang

Persiapan yang dilakukan Yaqut ini ialah dengan membentuk tim yang diketuai oleh Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), Oman Fathurahman.

Halaman:

Editor: Muhammad Sadili

Sumber: PMJ News Kemenag


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x